Kamu pasti sering menjumpai banyak sampah di dapur, seperti; bungkus pelastik, bonggol sayur, juga kulit buah-buahan. Ketika kamu terpaksa harus melihat sampah-tersebut, jangan langsung risih dan berniat membuangnya ya. Kenapa? Karena ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari sampah-sampah tersebut, beberapa diantaranya bisa untuk jadikan pupuk, atau bisa juga untuk ditanam kembali.

Nah, kalau kamu tertarik mencoba, berikut ini adalah beberapa ide mengolah sampah menjadi sesuatu yang berguna. Cek, yuk.

Cangkang telur yang mengandung kalsium bisa membuat tanahmu semakin subur

Cangkang telur adalah sampah dapur yang seringkali kita remehkan. Selain kotor, sampah yang ini juga memberikan bau amis yang tak tertahankan. Tak heran, jika orang-orang langsung membuang cangkang telur ke dalam tong sampah. Padahal kandungan kalsium yang terdapat pada cangkang telur bermanfaat untuk menyuburkan tanah. Caranya, haluskan cangkang telur, lalu aduk-aduk bersama tanah hingga menyatu, selanjutnya kamu bisa aplikasan sebagai media tanam. Dijamin, tanamanmu bisa tumbuh lebih subur

Celupkan bonggol selada ke dalam gelas berisi air. Percayalah, beberapa minggu ke depan kamu sudah memanennya

Kamu suka mengkonsumsi sayur selada? Jika iya, kamu pasti hanya memakan bagian daunnya saja, kan? Sementara bagian bonggolnya dibuang. Daripada dibuang. mending bonggol sayur sawi tersebut kamu tanam ulang. Caranya mudah, siapkan mangkok atau gelas berisi air, lalu celupkan bonggol selada ke dalam wadah yang berisi air tersebut. Selanjutnhya, pasangkan tusuk gigi (2 atau 4 sisi) untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya bonggol sayur busuk atau tenggelam. Tak lama kemudian, bonggol selada akan ditumbuhi akar dan tumbuh daun-daun baru. Simpanlah di tempat terang, dan rajin-rainlah mengganti air agar sayuran tetap segar. Dalam jangka waktu 2 sampai 4 minggu, sayuran baru sudah bisa dipanen. Jika ingin mendapatkan hasil lebih cepat, saat masih berumur 2 minggu pindahakan sayuran ke ladang.

Remah-remah kulit bawang masih bisa dimanfaatkan untuk bumbu tambahan daging

Selepas mengupas kulit bawang baik itu bawang merah maupun bawang putih, biasanya kulit kedua bawang tersebut langsung dibuang begitu saja. Tahukah kamu, sebenernya  kulit bawang juga masih bisa dimanfaatkan. Kulit bawang mengandung nutrien berupa mineral dan vitamin. Bahkan di dalam kulit bawang putih mengandung anti bakteri. Sementara kulit bawang merah memiliki kandungan senyawa quercetin yang bermanfaat untuk menurunkan gula darah dan mencegah penyumbatan darah. Kedua kulit bawang tersebut bisa kamu memanfaatkan sebagai campuran bumbu saat memasak sop, daging, membuat telur asin, ataupun opor. Selain mengurangi polusi sampah, cita rasa masakan juga menjadi lebih sedap.

Bonggol daun bawang yang disimpan di dalam air masih bisa kamu manfaatkan selama seminggu ke depan

Tak hanya selada, ternyata bonggol dau bawang juga bisa kamu manfaatkan untuk kamu tanam kembali. Caranya, kamu cukup memasukkanya ke dalam wadah berisi air, tunggu beberapa hari saampai air diserap oleh daun. Air yang terserap tersebut membantu menumbuhan daun-daun yang baru. Seletah 8 hari, tanaman daun bawang yang baru siap untuk dikonsumsi lagi. Selain mengurangi sampah dapur, uang belanja juga menjadi lebih hemat, kan?

Selain untuk dimakan, mahkota nanasnya juga bisa lho ditanam

Buat yang suka mengkonsumsi nanas, bagian mahkotanya yang berduri biasanya akan dibuang ke tong sampah. Sebelum memutuskan untuk membuangnya, tak ada salahnya kamu coba untuk meanamnya kembali. Caranya gampang kok, kamu cukup potong bagian mahkota dengan pisau, lalu celupkan mahkota yang sudah terpotong tersebut ke dalam gelas yang berisi air. Tunggu sampai akar dibagian pangkal muncul keluar, setelah itu pindahkan mahkota nanas pada pot yang sudah terisi tanah. Tak lama kemudian, nanas baru akan kembali tumbuh dan kamu tak perlu beli nanas lagi.

Manfaatkan ampas kopi dan teh untuk menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas

Kamu pasti sering memasukan berbagai macam makanan dan minuman ke dalam kulkas. Sehingga kadang dari dalam kulkas tercium bau tak sedap. Tapi jangan khawatir, kini kamu bisa memanfaatkan ampas kopi dan teh untuk melenyapkan bau tak sedap yang biasanya keluar dari dalam kulkasmu. Caranya, cukup masukan ampas kopi atau tersebut ke dalam pelastik atau kertas yang sudah kamu beri lubang kecil-kecil, letakkan kedua ampas tersebut di sudut kulkas.  Selanjutnya, biarkan saja sampai bau tak sedap dalam kulkas terserap dan lenyap dengan sendirinya

Pangkal wortel juga bisa dimanfaatkan untuk kamu tanam lagi, lho

Wortel kaya akan kandungan vitamin A. Pun hampir setiap orang pasti menyukainya. Kamu yang biasa mengkonsumsinya, bisanya akan menanggalkan bagian pangkalnya karena teralalu keras. Daripada dibuang, sebenarnya bagian pangkalnya yang terlalu keras bisa kamu tanam lagi. Dengan menanamnya lagi kamu justru akan diuntungkan. Cara mengaplikasikannya gampang kok, masukkanlah pangkal wortel ke dalam piring berisi air, tunggu beberapa hari sampai tumbuh daun-daun baru. Setelah daun tumbuh cukup tinggi, pindahkan tanaman wortel baru ke media tanah. Menguntungkan sekali, bukan?

Volume sampah di Indonesia ini sudah terlalu tinggi, jadi tak ada salahnya jika kita membantu pemerintah untuk menguranginya. Salah satu caranya adalah dengan mendaur ulang sampah seperti 7 metode yang sudah Ambo Belitung Tour uraikan di atas. Jadi, yuk berkreasi!