Indonesia kaya akan wisatanya yang begitu indah dan memsona, mulai dari wisata alam, wisata seajrah, wisata edukasi, wsiata budaya, wisata pantai, wisata gunung, wisata kuliner, wisata religi, dan beberapa jenis wisata lannya. Saat akhir pekan atau saat liburan tiba, beberapa jenis wisata tersebut tak pernah lepas dari list destinasi wisata oleh para wisatawan yang gila liburan.

Selain beberapa jenis wisata yang sudah disebutkan tadi dan dari sekian banyak obyek wisata yang ada di Indonesia, saat ini semakin banyak bermunculan tempat wisata perekebunan atau buah yang dibuka untuk umum. Bagi kamu yang tertarik menjadikan wisata buah sebagai alternatif liburan, berikut ini adalah bebarapa perkebunan yang bisa menjadi pilihan.  Penasaran dimana saja tempanya? Yuk simak ulasannya. Dan siap-siaplah untuk tergoda.

Taman wisata Mekarsari, Cileungsi –Bogor

Taman wisata Mekarsari via www.lovelytoday.com

Taman buah yang pertama adalah taman wisata Mekarsari. Tempat ini pasti sudah sangay familiar, bukan? Yup, taman buah  yang terletak di Cileungsi, Bogor ini merupakan taman yang mengoleksi berbagai tanaman khas buah-buahan dari berbagai daerah di Indonesia. Taman wisata Mekarsari ini sudah mengoleksi ribuan tanaman dari berbagai jenis spesies. Selain buah yang ditanam sesuai aslinya, ada juga tanaman buah yang merupakan hasil kreasi sendiri dari labolatorium Mekarsari. Selama berkeliling, kita akan melihat objek-objek menarik, seperti; areal pembibitan, persemaian, areal rumah plastik, wahana outbond, kebun sayur, kolam pemancingan, taman buah dalam pot, kebun wisata melon, kebun salak, rambutan, jeruk, nanas, nangka, belimbing dan lain sebagainya.

Taman buah Warso Farm, Bogor

Taman buah Warso Farm via www.gulalives.com

Taman buah yang kedua adalah Warso Farm, Bogor. Warso Farm merupakan wisata perkebunan durrian. Di kebun ini, kamu bisa melihat aneka jenis durian yang masih bergelantungan di pohon dan mencicipinya. Kebun Durian Warso terdapat di Dsa. Cihideung Cipeulang, Kec. Cijeuruk, Bogor. Saat pertama kali memasuki kawasan ini, kamu akan disambut dengan replika buah durian raksasa. Masuk lagi ke dalam, kamu akan diajak menyusuri jalanan menanjak untuk mencapai kebun. Begitu sampai di kebun, kamu akan disuguhi pohon durian yang rimbun yang ditanam sejajar dan tentunya berbuah.

Untuk kamu yang pecinta buah khas Indonesia ini dijamin lagsung tergiur untuk memetiknya. Karena buah durian yang masih berada di pohon ini begitu besar dan wangi. Benar-benar menggoda untuk dipetik. Ada banyak durian yang bisa kamu cicipi disini, kurang lebih ada 900 pohon durian dengan 7 variatas unggulan , seperti: petruk, lay, sunan, tembaga, montong, dan simas. Dari semua jenis durian yang ada, durian montong asal Thailad yang jadi primadona. Fasilitas lain yang bisa kamu nikmati adalah areal pemancingan yang luas. Menikmati durian dari kebun sambil memancing pasti begitu menyenangkan.

Kebuh Strawberry, Ciwidey

Kebun Strawberry, Ciwidey via www.initempatwisata.com

Wisata taman buah berikutnya adalah kebun Strawberry, Ciwidey. Buah yang berasal dari negeri Paman Sam ini sudah mulai dibudidayakan di daerah Ciwidey sejak tahun 1997 dan mulai marak sektiar tahun 2001. Selain dapat menikmati keindahan alamnya, para pengunjung yang datang ke kebun Strawberry dipwebolehkan untuk memetik sendiri, konsep ini dikenal dengan strawberry work. Strawberry work memungkinkan kita untuk memilih sendiri buah stawberry yang kita inginkan.

Kamu memang harus merogoh kocek lebih dalam untuk menikmati kepuasan strawberry work. Panen strawberry ini dilakukan setiap dua hari sekali. Apabila ingin memilih strawberry kualitas terbaik, kamu bisa meminta pertolongan penjaga warung untuk melakukan perbuaruan dengan meilihkan strawberry yang baik bagi kita.

Taman Buah Kusuma Agrowisata, Malang

Taman Buah Kusuma Agrowisata via www.sobatpetualang.com

Berikutnya adalah agrowisata daerah Malang. Berwisata ke daerah Malang yang sejuk memang menyenangkan. Kusuma Agrowisata merupakan satu tempat di Malang yang bisa dijadikan alternatif destinasi wisata kamu. Sejak dibangun pada tahun 1991, Kusuma Agrowisata menjadi salah satu perintis wisata agro di tanah air. Di tempat ini, kamu bisa memetik berbagai macam buah terutama apel serta strawberry dan hasil perkebunan setempat lainnya yang semuanya bebas pestisida.

Untuk kebun Apel yang terbilang cukup luas, kota Malang dan Batu memang terkenal dengan buah yang satu ini yaitu apel Malang. Pemandu akan mengajari bagaimana memetik buah apel yang kita inginkan, hal tersebut bertujuan agar tidak merusak pohon apel itu sendiri. Setelah pemandu mendampingi berkeliling, dia akan meninggalakan  pengunjung agar berjalan-jalan sendiri. Setelah menikmati pemandangan alam serta beragrowisata, jangan lupa untuk membeli buah tangan khas seperti; suka apel, kritik apel, dan lain-lain.

Kebuh Buah Mangunan, Yogyakarta

Kebun Buah Mangunan via www.travelingcow.com

Kebun Buah Mangunan terletak di Dsa. Mangunan, Kec. Dlingo, Bantul. Tempatnya yang berada atas di ketinggian 1000 mdpl ini membuat hawa disini begitu segar dan sejuk. Untuk mencapai lokasi, kamu akan dibawa melelui akses jalan naik turun dimana disampingnya dipenuhi pepohonan yang rimbun, begitu sejuk dan hijau. Saat akhir pekan, tempat ini menjadi buruan para wisatawan muda-mudi yang tengah kasmaran. Waktu terbaik berada di tempat ini adalah pagi hari saat matahari pelan-pelan muncul keluar dari persembunyiaanya, saat kabut tipis terhampar bak lautan yang mengelilingi kebuh buah Mangunan.

Beberapa fasilitas yang ada disini, diantaranya parkir luas, aula besar, aula sedang, gazebo, mushola, kamar mandi, area camping, area outbond, kolam renang anak-anak, Arena bermain anak, kolam pemancingan, tempat meninap, peternakan, kebun aneka buah, dan lain-lain.

Di sini kamu juga bisa menikmati sejumlah koleksi tanaman buah seperti: Jambu air 300 pohon, durian 1500 pohon, Mangga 950 pohon, Jeruk 220 pohon dan 200 aneka tanaman buah-buahan lainnya. Buat kamu yang menyukai olahraga sepeda gunung, ada dua jalur trek yang bisa kamu nikmati di obyek wisata Mangunan ini. Trek pertama khusus untuk downhill dengan panjang lintasan  2.300 m, dan trek kedua untuk kelas cross country dengan panjang lintasan 3.800 m

Itulah beberapa tempat wisata buah di Indonesia yang bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang sudah mulai bosan mengunjungi pantai, pegungungan, wahana permainan serta tempat wisata lain pada umumnya. Semoga bermanfaat. Tetap jaga kebersiha. Selamat liburan.