Buat para pecinta kopi, minum kopi itu pasti sudah biasa. Bahkan sampai rela mengahabiskan waktu seharian di cafe berasama teman sambil menikmati minum kopi. Menikmati kopi di rumah atau di cafe memang selalu memberikansensasi berharga buatmu.

Buat kamu yang ngaku pecinta kopi, btw pernah nggak nih nikmatin kopi dari kebunnya langsung? Mulai dari proses pengolahannya sampai dengan cara meneyduhnya. Kalau belum, nih Ambo Belitung Tour kasih bocoran perkebunan-perkebunan kopi yang bisa kamu sambangi. Wajib banget deh datang ke sini.

Arabika Gayo, kopi Aceh yang ketenerannya sudah sampai Asia bahkan sudah Eropa

Bagi para pecinta kopi, pasti sudah tau kalau Aceh itu terkenal dengan produksi kopinya. Beberapa wilayah di Aceh yang terkenal dengan produksi kopinya, yaitu Bener Meriah  dan Aceh Tengah. Kedua Kabupaten ini konon mempunyai lahan produksi kopi terbesar di Asia, dengan luas lahan mencapai  lebih dari 95 ribu h, bahkan produksi kopi per tahun rata-rata  bisa mencapai 750 kilogram.

Nah, buat kamu yang lagi jalan-jalan atau sedang ada di Aceh, jangan sampai melewatkan untuk mengunjungi beberapa perkebunan kopi di sana ya. Di Aceh, kamu bukan cuma bisa menikmati kopi Arabica Gayo yang sudah melanglang buana ke sejumlah negara, tapi kamu bisa juga melihat langsung perkebun kopi yang terhampar luas. Selain itu, kamu juga bisa melihat proses pengolahan kopi Arabica Gayo di sana.

Jangan lupa sambangi kopi Robusta di Sidikalang -Sumatera Utara. Surga banget deh rasanya di lidah

Kalau lagi di Sumatra Utara, jangan sampai nih ngelewatin perkebunan kopi di Sidikalang, Kabupaten Dairi. Sikadang ini menjadi tempat terbaik untuk tanaman kopi, bahkan olahan kopinya bisa banget kalau harus bersaing dengan kopi dari Brazil. Perkebunan kopi Sikadang memiliki di ketinggian 1.066 mdpl, itulah kenapa hawa disini sejuk sekali, obat ampuh untuk menhilangkan stress dan galau. Kopi Robusta menjadi ikon kopi Sidikalang. Siapa yang datang ke Sikadang wajib banget nikmatin kopi Robustanya. Buat kamu yang belum terbiasa, sebaiknya berhati-hati jika ingin meminum kopi ini, sebab kopi Robusta ini bisa bikin jantung berdebar-debar dan memberikan efek yang dasyat yang membuat para penikmatnya bisa begadang semalaman. Cocok deh buat mereka yang ingin begadang.

Lampung juga punya perkebunan kopi nih, datang aja ke lereng Gunung Tanggamus, Desa Karangrejo -Lampung

Kabarnya, Lampung menjadi pengekspor kopi terbesar lho di Indonesia. Tak heran, Lampung memang memiliki kopi-kopi yang berkualitas dan selera rasa yang pas. Itulah mengapa, di Indonesia, Lampung didaulat sebagai salah satu penghasil kopi terbaik. Di Lampung, perkebunan kopi tersebar di beberapa wilayah, diantaranya daerah Tanggamus, Lampung Tengah dan Lampung Barat. Desa Karangrejo (Kecamatan Ulubelu) kawasan lereng Gunung Tanggamus adalah salah satu tempat yang recommended banget buat kamu yang suka kopi. Untuk sampai di kawasan ini, kamu akan memakan waktu tempuh kira-kira 4 jam pusat kota dengan menggunakan kendaraan roda empat. Sesampainya di lokasi, kamu bisa jalan-jalan mengitari hamparan luas perkebunan kopi sembari menikmati hawa sejuknya yang mendamaikan pikiran dan hati

Kawasan Priangan, penghasil kopi yang sudah dua abad ini wajib disambangi buat kamu yang ngaku pecinta kopi

Kawasan Priangan (Jawa Barat) merupakan kawasan eksploitasi komoditas kopi oleh Belanda selama hampir dua abad. Kopi Priangan atau istilah kerennya “Java Preanger” adalah kopi asli Jawa Barat. Kopi priangan ini dihasilkan oleh sejumlah perkebunan kopi di Jawa Barat, seperti  Bandung, Bandung Barat, Sumedang, Garut dan sekitarnya. Buat kamu yang ngaku pecinta kopi,  haram banget deh kalau nggak nyobain kopi priangan ini.

Perkebunan kopi Kalisat Bondowoso, perkebunan kopi dengan pesona yang mampu memanjakan lidah dan mata

Perkebunan kopi Kalisat Bondowoso ini berada tak terlalu jauh dari kawasan Kawah Ijen. Rata-rata perkebunan kopi di Jawa dikelola perhutani atau negara, sedikit berbeda memang dengan perkebunan-perkebunan kopi di kawasan Sumatra dan Aceh yang dikelolanya secara perorangan.

Perkebunan kopi ini memiliki ketinggian 900 mdpl dengan luas kurang lebih 4000 h. Sembari menikmati kopi, kamu bisa merasakan sensasi hawa sejuk yang menelusup ke celah-celah tubuhmu, bisalah jadi terapi alami buat kamu yang diserang gundah dan lesu. Selain bisa menikmati kopi, kamu juga bisa melihat langsung proses pengolahan kopi Arabika. Bukan cuma itu, kamu juga bisa merasakan berbagai macam fasilitas, seperti taman bunga, kolam renang, kolam pemancingan dan lapangan tenis. Mengasikan sekali, bukan?

Yuk, sempatkan mampir ke kampung Kopi Banaran Ambarawa

Kopi Indonesia tidak hanya didominasi oleh kopi-kopi Sumatera saja, lho. Selain Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah juga punya nih kawasan penghasil kopi. Yup, Ambarawa. Buat kamu yang mau traveling ke Semarang, bisalah mampir bentar ke Ambarawa, tepatnya di Kampung Kopi Banaran. Nikmati seduhan kopinya yang surga banget rasanya di lidah. Kampung Kopi Banaran ini berada di kawasan agrowisata Ambarawa yang memiliki hawa sejuk dan panorama asri nan hijau yang sedap di pandang mata. Buat kamu yang ingin menginap, di agrowisata ini juga ada fasilitas hotel atau penginapan yang bisa kamu manfaatkan untuk menginap. Bahkan, disini juga disediak fasilitas transfortasi yang akan memudahkanmu dalam beraktivitas. Disini, kamu akan benar-benar dimanjakan deh.

Demikianlah informasi mengenai lokasi-lokasi perkebunan kopi yang bisa kamu sambangi. Sebenarnya masih banyak perkebunan kopi di Indonesia, masih ada perkebunan kopi di Bangil Kintamani, perekebunan kopi di  Wamena, perkebunan kopi di Toraja, dan perkebunan kopi di beberapa tempat lainnya.

Bukan hanya kamu bisa menikmati seduhan kopi yang rasanya surga sekali di lidah, tapi kamu juga bisa sekaligus menyegarkan pikiran dengan mengelilingi sekitar perkebunan kopi yang memiliki pemandangan memukau dan hawa yang sejuk. Semoga bermanfaat. Selamat berjelajah. Yuk ah ngopi.