Rambut adalah mahkota yang sangat berharaga, terutama bagi seorang wanita. Untuk menjaga keindahan rambut, banyak hal yang harus diperhatiakan. Banyak orang yang pergi ke salon agar bia mendapatkan perawatan rambut yang sempurna. Memang, banyak sekali permasalah rambut yang sering menyerang kita, beberapa diantaranya seperti rambut berminyak, rambut rontok, atau rambut botak. Bukan hanya itu, rambut yang kurang subur juga seringkali menjadi problem yang cukup serius.

Beberapa bahan alami yang biasa dimanfaatkan untuk penyubur rambut salah satunya adalah lidah buaya. Sebenarnya ada banyak bahan alami lainnya yang juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut rontok. Nah, apa saja bahan-bahan tersebut? Penasaran? Simak ulasan dari Ambo Belitung Tour di bawah ini!

Madu, bahan penyubur rambut alami yang sudah tersohor dari semenjak nenek moyang kita masih ada

Yup, khasiat madu sebagai penyubur rambut rontok memang sudah populer sampai ke mancanegara. Banyak orang terutama wanita yang mengalami permasalahan rambut memanfaatkan madu sebagai obat penyubur rambut. Madu bukan hanya mampu menyuburkan rambut, tapi juga  menyehatkan. Dengan madu, tampilan rambutmu akan lebih sehat, indah dan berkilau. Merawat dan menjaga keindahan rambut dengan memanfaatkan madu adalah pilihan tepat, sebab kandungan yang ada di dalam madu berfungsi merawat rambut hingga ke akar-akarnya dan akan membuat kesuburan rambut tetap terjaga.

Beberapa kandungan yang ada dalam madu, seperti vitamin, protein dan senyawa aktif. Kandungan tersebutlah yang menajdikan madu sering dimanfaatkan sebagai obat alami untuk perawatan rambut rontok dan untuk menjaga rambut agar rambut tetap sehat setiap waktu. Cara menrapkannya sangat mudah, oleskan madu selepas keramas ke bagian rambut dan kulit kepala, penggunaanya sama persis seperti saat kamu menggunakan conditioner.

Kalau ingin rambutmu tetap sehat dan kuat, cobalah pakai santan

Santan mengandung minyak esensial dan protein, kandungan ini sangat bemanfaat untuk menjaga kulit agar kulit tetap sehat. Selain itu, protein yang terkandung dalam santan juga membantu melapisi batang rambut yang akan membuat rambut tumbuh kuat. Makanya, santan sering dijadikan bahan alami penyubur rambut rontok. Caranya mudah, sediakan santan kental, oleskan ke bagian rambut dan kulit kepala, lakukan pijatan-pijatan lembut pada kulit kepala agar peredaran darah pada bagia kepala lancar. Bukan hanya itu, pijatan-pijatan lembut ini juga  membantu agar nutrisi lebih bisa menyerap dengan sempurna, lalu diamkan selama 15 menit. Terakhir bilaslah rambut dengan air bersih.

Pisang juga bisa jadi obat alami buat rambut rontok, lho

Siapa sih yang tidak suka pisang? Semua pasti suka dari kalangan muda sampai tua, bahkan anak-anak. Ternyata buah berkulit kuning ini mempunyai kandungan vitamin yang baik lho untuk bagian tubuh, salah satunya adalah bagian rambut. Bagian pisang yang berkhasiat untuk menyeburkan rambut yaitu bagian bonggolnya. Nah, bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk proses perawatan rambut rontok adalah bonggol pisang (yang sudah dibersihkan). Lalu, potonglah bonggol tersebut dan ambil lendirnya untuk kamu oleskan ke bagian kulit kepala, diamkan beberapa menit, kemudian cuci rambut sampai bersih. Namun kamu harus hati-hati ya terhadap getah, jangan sampai metenes di baju, karena getah bonggol pisang yang menempel di baju biasanya susah dihilangkan.

Bukan Cuma bonggol pisang, kulit apel juga bisa lho jadi obat alami buat rambut rontok

Buah apel mengandung sejumlah vitamin dasar yang berkhasiat dalam melancarakan peredaran  darah di kulit kepala. Dengan sirkulasi darah yang lancar, tenteu itu akan sangat bermanfaat untuk pertumbuhan rambut yang rontok. Cara menerapkannya sangat mudah, pertama-tama blender kulit apel hingga halus, setelah itu oleskan ke rambut dan kulit kepala, diamkan sekitar 15 menit, lalu bilaslah sampai bersih. Bagaimana? Mudah sekali, bukan?

Kopi, bahan alternatif lainnya buat kamu yang ingin yang punya masalah rambut rontok

Yup, ternyata kafein juga berkhasiat lho buat ngatasin rambut rontok. Kafein dipercaya mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, kafein juga berkhasiat untuk menguatkan  akar rambut. Cara memanfaatkannya yaitu seduh terlebih dahulu kopi dengan air, lalu gunakan air seduahan tersebut untuk membilas rambutmu setelah keramas, diamkan beberapa menit. Terakhir, bilas rambut sampai bersih. Gampang, kan? Yuk ah dicoba.

Yuk, kuatkan akar-akar rambutmu dengan teh basi

Menurut pakar kesehatan asal Korea, ternyata teh basi mempunyai banyak khasiat terutama teh hijau. Teh basi tersebut ternyata mampu merangsang pertumbuhan rambut. Untuk memanfaatkannya sangatlah mudah, caranya adalah rendam teh basi tersebut dalam air hangat, diamkanlah selama sehari penuh di tempat terbuka agar teh mengembun. Setelah itu, siramlah pelan-pelan dan mereta teh basi tersebut ke rambut sebelum atau setelah mandi. Untuk menjaga kelembaban rambut, tutup rambut dengan menggunakan handuk atau penutup rambut. Diamkan  setengah jam agar kandungan teh bisa menyerap ke dalam sel-sel rambut. Terakhir, bilaslah rambut sampai bersih.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah bahan alami yang juga bisa membantu menyuburkan rambut. Minya zaitun mengandung anti jamur dan anti bakteri alami yang sangat bermanfaat untuk memulihkan masalah rambut yang rontok karena bahan kimia. Minyak zaitun juga kaya akan nutrisi seperti vitamin D, Vitamin E, Biotin dan Niacin. Kandungan inilah yang membantu pernyuburan rambut dan dapat mengurangi rambut rontok. Caranya mudah, siapkan minyak zaitun, teteskan minyak zaitun ke semua bagian kulit kepala, pijat-pijat lembut sampai minyak zaitun meresap dan merata keseluruh bagian kulit kepala. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya lakukanlah perawatan tersebut sebelum tidur  supaya minyak zaitun bisa meresap ke seluruh kulit kepala dengan baik. selanjutnya bilaslah rambut dengan air bersih keesokan harinya. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya setelah 3-4 minggu kedepan.

Nah itu tadi bahan-bahan atau obat alami penyubur rambut yang bisa kamu aplikasikan di rumah. Mudah, kan? Murah lagi. Semoga informasi diatas bisa menjadi reperensi  dalam menjaga kesehatan dan keindahan rambut kamu ya. Semoga bermanfaat. Dan, selamat mencoba.